Tumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini, Polres Jeneponto Gelar Geliat Literasi

samsir, 18 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO - Pentingnya mendorong masa pertumbuhan anak usia dini. Tentu perlu digelorakan kembali dalam hal minat baca dan menulis.

Menangkal hal tersebut, Kepolisian Polres Jeneponto menyelenggarakan, Geliat Literasi berkerjasama dengan pengiat Sulo Pustaka Turatea, sebagai bentuk kepedulian terhadap menurunnya minat baca anak - anak di zaman now.

Kegitan tersebut, bertempat di Taman Anak-anak Lalu Lintas Polres Jeneponto Jl. Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kamis (18/7/2019).

Kasubag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul mengatakan, kegiatan Geliat Leterasi ini baru pertama kali dilaksanakan dan rencananya akan dilakukan setiap bulan, terbuka untuk umum serta semua kalangan.

Syahrul menjelaskan, kegiatan itu dihadiri oleh sekitar 50 orang anak-anak didampingi oleh orang tuanya, masing - masing. Kegiatan ini dipimpinan Sulo Pusataka Turatea, Sultan Joyo Negoro,

Selain itu kata dia, juga dihadiri oleh Ibu-ibu Bhayangkari Cabang Jeneponto, Kepala Sekolah TK Bhayangkara dan para orang tua anak.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, terdiri dari membaca buku bacaan, mendongeng oleh juru dongeng dan menulis bebas.

"Nah, lewat dongeng pula, anak-anak bisa mengambil nilai-nilai kehidupan dari cerita yang disajikan, untuk mendukung tumbuh kembangnya anak usia dini," kata Syahrul.

Menurutnya, ditengah terpaan teknologi sekarang ini, kegiatan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan. Padahal dongeng merupakan cara sederhana mengenalkan pentingnya budaya membaca pada anak-anak.

Mengingat sudah banyak anak yang bermain pada ranah digital dan menjadi bentuk keprihatinan tersendiri bagi pemangku kepentingan daerah.

"Idealnya dongeng nggak perlu durasinya lama atau sebentar, yang terpenting berkelanjutan. Waktunya bisa kapan saja asal dalam kondisi tidak bermain," jelas mantan Kapolsek Tamalatea itu.

 

Editor : Samsir

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu