Sampah Bernilai Ekonomis, Kadis Lingkungan Hidup Ir Agus Salim: Lahirkan Toko Berbayar Sampah Pelastik

herman, 14 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP- Ir H. Agus Salim MM Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep yang juga menangani soal sampah saat dihubungi diruang kerjanya Jumat (14/6) mengatakan bahwa sekarang ini kami memunculkan inovasi baru dalam penanganan sampah di Pangkep dengan melibatkan masyarakat langsung yang bernilai ekonomis.

Menurutnya bahwa inovasi yang dimaksud adalah menyiapkan Toko Berbayar Sampah di desa tersebut, dan bagi masyarakat yang punya sampah bisa membawa sampah plastik dan lainnya ke toko yang ditunjuk oleh Dinas Kebersihan dan langsung dibayar atau bisa saja sembako yang diambil ditoko itu sesuai nilai harga sampahnya.

“Kemarin saya sudah melakukan penyuluhan didua desa yakni Desa Bulu Cindea Kecamatan Bungoro dan Desa Kabba Kecamatan  Minasatene, untuk menerapkan Toko Berbayar Sampah” ujarnya.

Menurut Kadis yang disebut-sebut juga sebagai Balon Wakil Bupati Pangkep ;priode 2021-2026 terkuat ini mengatakan bahwa dengan adanya Toko Berbayar Sampah, maka sampahnya masyarakat tidak lagi dibuang begitu saja tapi justru bernilai ekonomis kembali, karena dibawa saja ke toko yang ditunjuk didesa itu, untuk ditimbang dan dibayar.

Sementara inovasi lainnya, kata Agus Salim adalah, setiap mobil pengangkut sampah sekarang ini telah bertuliskan nomor Hp, sehingga bagi masyarakat yang mau diangkut sampahnya, tinggal menelpon ke sopir mobil yang bersangkutan.

Untuk itu diharapkan masyarakat agar dapat mencatat nomor Hp pada setiap mobil angkutan sampah, supaya dapat dihubungi ketika dibutuhkan angkutan sampah. (herman djide)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu