Hujan Lebat Guyur Padang Panjang, TRC Singkirkan Material Longsor

syafrianto, 15 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PadangPanjang, --Hujan lebat yang terus mengguyur sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan satu lokasi tebing di Silaing Bawah (Silba), Kota Padang Panjang, mengalami longsor. Untung saja, kejadian ba'da maghrib, Jumat (14/6) tidak menimbulkan korban jiwa maupun materil. 

Dari pantauan Indonesiasatu.co.id di lapangan, tak lama setelah kejadian terbannya dinding tebing di kawasan Cubadak Bungkuk, Silba, Pudalops PB bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang Panjang, terlihat langsung turun lokasi. 

Dengan peralatan seadanya, cangkul, parang dan gergaji mesin (chinsaw), TRC Kota Padang Panjang, berhasil menyingkirkan material pasir, batu dan tanah yang sempat menimbun badan jalan, di jalur padat kendaraan tersebut. 

"Begitu menerima laporan kejadian tanah longsor, kami bersama tim pusdalops dan TRC, langsung terjun ke lokasi. Syukurlah, kejadian tersebut tidak menyebabkan kemacetan yang berarti, karena ikut dibantu petugas kepolisian dan Dishub Kota Padang Panjang," ujar , Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Panjang, Ferino Romiko, SSTP, MSi.

Kepala BPBD Kota Padang Panjang, Erizal, S.Sos, MSI yang dijumpai dilokasi, menyebutkan bahwa beberapa titik di kawasan Cubadak Bungkuk, memang cukup rawan terhadap insiden tanah longsor. 

"Jika curah hujan tinggi mengguyur wilayah tersebut, Pusdalops dan TRC sudah langsung siaga mengantisipasi jika sewaktu-waktu bencana itu datang," sebut Erizal. 

Dijelaskan, topografi Padang Panjang yang rata-rata merupakan daerah perbukitan dan tebing terjal, atau sekitar 30 persen dari luas keselurahan, menyebabkan daerah ini terkategori sebagai daerah rawan bencana, terutama longsor. 

Beberapa program antisipasi untuk kesiapsiagaan dan pencegahan terjadinya bencana alam, sudah kerap disosialisasikan BPBD Kota Padang Panjang, kepada masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana, termasuk pemasangan plang merek peringatan bencana di titik-titik rawan tersebut. 

"Tujuan program ini, ingin mewujudkan masyarakat Padang Panjang yang sadar dan peduli bencana, terutama bencana longsor dan gempa bumi," ujar Erizal, didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Rully, SSTP, MSi.

Editor: Anto

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu