Hari Pertama Masa Tenang, APK Pemilu 2019 Masih Menjamur Di Tanah Datar

INDONESIASATU.CO.ID:

TANAH DATAR - Memasuki masa tenang kampanye Pemilu 2019, berbagai alat peraga kampanye (APK) masih mengotori sejumlah titik di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Seperti di kawasan Jalan Raya Batusangkar - Ombilin Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kec Rambatan, Jorong Padang Luar, Nagari Turawan, Kec Rambatan dan titik lainnya. 

Pantauan IndonesiaSatu.co.id Minggu (14/4/2019), hingga Pukul 14:00 WIB masih terlihat berbagai baliho berisi wajah para caleg dan capres-cawapres masih menghiasi daerah Jalan tersebut. Wajah caleg dari sejumlah partai politik hingga siang ini belum diturunkan.

Selain itu, di pinggiran Danau Singkarak di Jalan Raya Solok-Padang Panjang juga masih tampak berbagai baliho dan spanduk para caleg juga yang belum diturunkan. Namun beberapa di antaranya sudah mulai diturunkan oleh para petugas. 

Di tempat lainnya, dekat Pasar Ombilin, sejumlah petugas tampak sedang menurunkan baliho. Ketika ditanya mengenai AKP yang masih terpasang di Jorong Panti dan Jorong Padang Luar, salah seorang petugas mengatakan bahwa proses penertiban APK sudah dimulai sejak Minggu pagi.

"Kita hanya membersihkan diwilayah sini Pak, untuk wilayah Panti dan Padang Luar tim lain yang membersihkan," kata seorang petugas pengawas dari Polsek Rambatan.

Dihubungi terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Datar Hamdan, M.Pd.E mengatakan pihaknya sudah membentuk tim gabungan yang terdiri dari 220 personil dari Bawaslu, Satpol PP, Polri, Dishub, Kesbangpol, dan Panwascab untuk membantu membersihkan APK peserta Pemilu. Proses pembersihan sudah dimulai hari ini pukul : 08.00 WIB hingga 3 hari kedepan. 

"Inikan baru hari prtama Pak, tim sedang berjalan dari tadi pagi membersihkan bagian dalam dulu, pasti dibukak kok, kita kan punya waktu 3 hari untuk membersihkan semua,”ujarnya.

Laporan : (**)

Editor : Joni Hermanto

  • Whatsapp

Index Berita